Awas...Ranjau Paku !!

Sahabat,

Pagi ini, seperti biasa, saya dan isteri selalu berangkat ke kantor melewati daerah Senen. Mau tidak mau, karena lokasi kantor kami di daerah Jakarta Barat, otomotis harus lewat jalan tersebut. Sering kami lewat daerah tersebut, hampir kami lihat dan alami sendiri, banyak mobil/motor yang bannya kempes karena kena paku. Makanya tadi pagi pas lewat jalan tersebut (tepatnya di underpass Senen), saya dan isteri dengan sengaja, melihat ke bawah dan....naudzubillah, paku bertebaran dimana-mana ! Saya haqqul yaqin...pasti ini disengaja oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan pribadi. Pantesan, hampir setiap hari kami melihat banyak orang mendorong (bhs Jawa : menuntun) motor atau mengganti ban mobil setelah melewati underpass Senen.

Lokasi lain yang patut diwaspadai berdasar informasi dari tukang ojek waktu menambal ban motor saya, adalah di daerah kebon sirih tepatnya mulai dari jalan depan DPRD sampai Tugu Tani. Di situ banyak juga paku yang sengaja disebar. Teman saya juga pernah melihat orang yang dengan sengaja menebar paku di daerah Roxy.

Semenjak salah satu stasiun Teve menayangkan modus oknum tambal ban yang dengan sengaja menebar paku untuk keuntungan pribadi, kok makin banyak sekali kejadian seperti ini ya... Temen saya sekantor malah sampai kehilangan uang dan barang berharga ketika pada saat mengganti ban mobil, dua orang membuka pintu mobil dan mengambil tas di dalamnya. Akhirnya teman saya harus merelakan uangnya diambil orang jahat...

Berkaca dari kejadian yang sering menimpa saya dan teman saya, maka diperlukan ekstra kewaspadaan untuk meminimalkan resiko ini. Tips atau saran dari saya berikut ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat :
1. Usahakan bila berkendara, ambil saja jalan tengah dan jangan mepet ke pinggir. Terutama motor yang sering nyelip-nyelip di kiri. Sebab, paku banyak berserakan di pinggir-pinggir jalan.
2.Ganti ban kendaraan anda yang sudah gundul. Ban gundul lebih tinggi resikonya kena paku, selain membahayakan keselamatan berkendara.
3. Bila mengendarai mobil, pada saat mengganti ban kendaraan anda, kunci pintunya. Banyak kejadian penjahat beraksi pada saat kita asyik mengganti ban.
4. Bila anda tidak terlalu mengenal daerah dimana ban anda kempes, paksakan saja mobil atau motor anda tetap jalan dan berhentilah dimana banyak orang berkumpul. Meski pilihan ini akan mempercepat velg kendaraan anda rusak, tapi keselamatan dan barang berharga anda lebih utama bukan???
5. Bila punya dana berlebih, ganti ban motor anda dengan ban tubless. Pilihan ini juga disarankan untuk mobil lama yang masih memakai ban dalam. Ban tubless ini lebih tahan terhadap paku daripada kendaraan yang memakai ban dalam.


Mungkin ada yang mau menambahkan tipsnya??? (cahyo)

0 comments:

Disclaimer : Semua tulisan di blog ini adalah pendapat pribadi dan tidak mengatasnamakan siapa pun dan institusi mana pun

Designed by Posicionamiento Web