Akhirnya, mencoba UBUNTU Linux

Membaca postingan dari Mas Rony, Mas Thomas & Mas Edy tentang gampangnya install Ubuntu Linux Feisty Fawn, tergerak juga akhirnya saya untuk mencoba install aplikasi open source ini di komputer kantor. Sebenarnya teman saya yang lain, mas Simon sudah sejak lama ngompor-ngompori saya untuk install linux. Bahkan mas Simon ini bersedia mendownload DVD repository linux yang lengkap, tapi dengan catatan, jika ada waktu luang dan panjang. Karena takut merepotkan, iseng-iseng saya minta langsung ke website ubuntu untuk minta dikirimi CD Ubuntu Live yang gratis. Kebetulan CD Ubuntu kiriman tersebut sudah sampai seminggu kemarin di rumah. Meski demikian, saya baru sempat menginstall di komputer kantor dengan sukses hari ini... ;-)

Ternyata memang gampang install Linux dengan distro Ubuntu ini. Kesan susah pada awalnya karena saya dulu pernah punya pengalaman buruk install Linux dengan distro Red Hat yang cukup sulit untuk pengaturan driver dan beberapa konfigurasi untuk newbie seperti saya. Printer kantor pun juga terdeteksi dengan baik oleh ubuntu. Sirna sudah kesan saya bahwa linux itu susah. Tampilan antar mukanya Ubuntu ini ciamik juga. Saya coba posting tulisan ini langsung dari Firefox di Ubuntu. Ternyata sama mudahnya ketika posting di lingkungan MS Windows XP. Mudah-mudahan untuk ke depannya, tidak dipersulit oleh Ubuntu...;-)

Oh iya, saya tetap mempertahankan MS Windows XP legal yang ada di komputer kantor. Untuk cara instalasi dengan dual boot (XP & Linux), silakan baca tulisan dari mas Udin di sini.


Ngoprek ubuntu lagi ah...;-)

9 comments:

Anonymous said...

Sepertinya anda harus coba linux mint :D
linux seperti ubuntu tapi multimedianya sudah lengkap + beryl

Anonymous said...

kemane aje mas? Linux sudah keren, dan TIDAK HANYA ubuntu saja yang mudah! hampir semua distro Linux sekarang gampang diinstal kok

Muhammad Rivai said...

Yaaah, kenapa nggak pakai OpenSUSE (www.opensuse.or.id) :-D

Anonymous said...

Selamat bergabung dengan komunitas Ubuntu ... :D

Harry Sufehmi said...

Thanks sudah sharing :)

Sekarang ini kalau ada orang yang takut migrasi ke Linux dan/atau menuduh Linux susah, sudah enak jawabnya: "Sudah coba ubuntu belum? Kalau belum, jangan koar-koar linux susah deh".

He he ;)

Anonymous said...

aku juga lagi nunggu datangnya CD ubuntu neeh, kemarin aku minta dikirimi dari situs apa ya lupa aku

sutrisno mahardika said...

belum sempat pake linux, ne pake yang bajakan!! jejeje

Anonymous said...

mari..mari..
nyoba Mac OS jugaaaa..
hihi..

adhisimon said...

akhirnya... met bergaul dengan linux bos..... ;-)

Disclaimer : Semua tulisan di blog ini adalah pendapat pribadi dan tidak mengatasnamakan siapa pun dan institusi mana pun

Designed by Posicionamiento Web