Software pengingat sholat di Ubuntu

Lagi senang-senangnya cari program untuk Ubuntu Linux di kantor saya, blogwalking dan dapat tulisan tentang program pengingat sholat. Pas dengan bulan ramadhan, langsung deh unduh program bagus ini untuk diletakkan di layar ubuntu. Sangat mudah cara peng-install-annya. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Unduh dulu paket islamic tools libary di sini dan install dengan mengklik dua kali file hasil pengunduhan tadi
  2. Unduh program program minbar-pengingat sholat di sini dan install dengan cara yang sama dengan no 1.
  3. Buka applications --> accesories --> terminal. Jalankan program dengan mengetikkan : /usr/bin/minbar.
  4. Setelah muncul desktop di layar (seperti gambar di atas), setting program pengingat sholat sesuai kota dimana anda tinggal. Untuk kota Jakarta, ketik city : Jakarta, set latitude di -6.17,longitude di 106.82 dan timezone 7 (untuk kota lain, cari di www.islamicfinder.org)
  5. Supaya tidak ribet dengan mengetik perintah no 3 setiap kali akan mengaktifkan program ini dan otomatis ketika membuka ubuntu pertama kali, letakkan saja di start up program. Caranya : Buka System-->Preferences-->Session-->Start Up Program-->New-->Name : Pengingat Sholat, Command diisi : /usr/bin/minbar.
Eh, ada suara adzannya juga lho ketika masuk waktu sholat. Buat yang bekerja di gedung-gedung yang kedap suara seperti saya, suara adzan tetap terdengar.

Semoga berguna dan selamat berpuasa !

Tautan terkait :

5 comments:

Anonymous said...

Sebelum saya menggunakan minbar dan prayer time firefox, saya sering terlambat sholat dimasjid karena tidak terdengar adzan di dalam gedung.

Sekarang sudah tidak lagi.

Selamat berpuasa mas.

adhisimon said...

waks.. kayaknya makin akrab nih mas cahyo ama linux ;-) alhamdulillah..

Anonymous said...

@ achedy
betul mas. sama juga. sekarang begitu dengar adzan di speaker komputer saya, alhamdulillah langsung sholat. biasanya, sering kebabalasan saking asyiknya kerja.

@adhisimon
hehehehe...gara-gara kompor dari mas adhi. nyeselnya saya, kenapa gak dari dulu ya install linuxnya. ngopreknya bikin ketagihan nih mas. awas ya, ikut tanggung jawab kalau saya sampai ketagihan. hehehehehe...

Anang said...

mohon maaf lahir batin.. met menjalankan ibadah puasa mas cahyo.....

Anonymous said...

kalo mau install driver bluetooth dari cd gimana caranya?

Disclaimer : Semua tulisan di blog ini adalah pendapat pribadi dan tidak mengatasnamakan siapa pun dan institusi mana pun

Designed by Posicionamiento Web