Tips Berolahraga di bulan Puasa

Membaca postingan dari mas Vavai tentang peningkatan kinerja di kala puasa, saya setuju sekali dengan pendapat ini. Puasa bukan berarti bermalas-malasan dan menghilangkan aktivitas rutin kita dengan alasan berpuasa.Seperti misalnya, berolahraga. Banyak teman saya yang lantas meliburkan aktivitas berolahraganya hanya karena berpuasa. Memang ini sebuah pilihan. Saya sendiri meski berpuasa, aktivitas rutin berolahraga seminggu sekali, yakni bermain bulu tangkis masih tetap jalan terus di sore hari. Alhamdulillah...

Meski demikian, agar aktivitas berolahraga di bulan puasa ini tetap dapat berjalan dengan baik dan tidak mengganggu dari ibadah puasa itu sendiri, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan :

Berolahragalah di sore hari menjelang waktu berbuka
Jangan memilih waktu berolahraga di pagi atau siang hari. Pilihlah waktu di sore hari menjelang waktu berbuka. Saya sendiri memilih waktu 2-3 jam sebelum waktu berbuka untuk berolahraga bulutangkis. Jadi begitu selesai bermain, dapat langsung berbuka pada saat sudah masuk waktunya berbuka.

Tidur, makan & minum yang cukup waktu malam sebelumnya
Aktivitas berolahraga adalah aktivitas yang banyak menguras energi. Agar tetap fit dan tidak lemas berolahraga di kala puasa, tidur makan dan minum haruslah cukup. Kalau saya sedniri karena gampang mengeluarkan keringat, porsi minum saya perlebih di bulan puasa ini supaya tidak terlalu merasa haus ketika sedang berolahraga.

Berolahraga mulai dari porsi yang sedikit demi sedikit

Di hari pertama berolahraga di bulan puasa, porsi latihan atau aktivitasnya sebaiknya dimulai dari porsi yang ringan, sedikit demi sedikit. Jangan langsung digenjot dengan aktivitas fisik yang berat. Misal biasanya jogging sejauh 3 km. Di bulan puasa ini, mulailah dari 1 km saja terlebih dahulu. Saya sendiri, di puasa hari pertama kemarin, hanya bermain 1-2 set saja untuk bermain bulutangkis. Jika memang anda kuat dan merasa mampu, boleh saja porsi ditambah terus. Tentu, yang bisa menilai sejauhmana anda kuat ya anda sendiri. Kalau memang tidak kuat dengan porsi normal seperti pada saat tidak berpuasa, janganlah dipaksakan.

Segera berbuka bila sudah waktunya
Bila sudah masuk waktunya berbuka, jangan menunda untuk berbuka. Segera minum dan makan secukupnya dengan asupan makanan yang bergizi untuk mengganti energi tubuh yang hilang pada saat berolahraga di saat puasa tadi.

Jadi, berolahraga tapi tetap berpuasa? Siapa takut....
Tubuh bugar, puasa lancar.... ;-)

Tautan terkait :

Foto diambil dari sini

17 comments:

Hedi said...

Kantor saya malah main futsal sebelum buka puasa hehehe

Muhammad Rivai said...

Saya pernah main sepak bola dari pkl 15:30 WIB. Pkl. 16:30 bolanya terlindas mobil dan meledak. Terpaksa menahan haus dan lapar karena nggak bis ameneruskan main bolanya :-P

hanes said...

pak saya post di digg indonesia

http://www.lintasberita.com/Lokal/Tips_olahraga_di_bulan_puasa/

mohon maaf atas kelancangannya

Anang said...

matursuwun tipsnya

Luthfi said...

saya olahraganya cukup di atas tempat tidur aja Om
sekalian ngibadah :P

Brahmasta said...

Bagus nih tipsnya.
Ntar saya ajukan ke teman-teman bermain futsal sambil menunggu buka.
Tahun lalu parah soalnya.
Main futsal menjelang sahur :D

ayahshiva said...

klo tahun kemarin aku biasanya suka bermain bola menjelang waktu buka puasa, tapi sekarang udah gak bisa lagi soalnya mesti ngajar

snydez said...

kapan ya?
bisa olahraga..

*nyari alesan gak sempet olahraga

-tikabanget- said...

dulu sempet, fitness kalo mo buka.
tapi sekarang gak sempet..

*sama, alesyan juga..*

ario dipoyono said...

khan olah raga = capek, capek bisa = lapar/haus...

So... bis gak puasa mas...

-Fitri Mohan- said...

kalau olahraga renang gimana? ada tambahan tips nggak?

ohya, selamat berpuasa.

snydez said...

OOT:
lagi iseng nih mas, ada tag buat mas cahyo di sini :)

CempLuk said...

wah...bener2, puasa gak boleh males ol..

Fany said...

aduh... gak pernah olahraga selama puasa... tapi tergantikan dengan ngepel dan bebersih sebagian rumah,
soalnya entah kenapa pembantuku kalo bulan puasa jadi malesan, biasanya beberes 2 kali sehari, jadi sekali doank :((

*kok malah curhat*

Rafayra said...

Diluar puasa aja de gak sempat olahraga....gimana pas puasa?

hehehehe

emang dasar males ajah sih

apri said...

bener banged nih ..

komunitas sukses said...

tkz bozz tipsnya.
PRnya 4. tapi kok gak keurus ya...hehehe

Disclaimer : Semua tulisan di blog ini adalah pendapat pribadi dan tidak mengatasnamakan siapa pun dan institusi mana pun

Designed by Posicionamiento Web