Ketidakcermatan penyebutan Mayasari dan Mayangsari di DetikCom

Entah, ini disengaja atau tidak oleh Detikcom untuk memberikan headline dan berita dengan menuliskan bis Mayasari menjadi Mayangsari di halaman depannya. Berikut tangkapan yang berhasil diambil tepat pukul 9.39 WIB di komputer saya :


Penasaran dengan judul berita tersebut, tautannya saya telusuri. Loh, kok judul berita dan beritanya berbeda dengan headline di depan (bukan Mayangsari yang identik dengan artis itu ) :


Namun ketika saya mengunjungi kembali tetap pukul 9.51 WIB, headline dan berita di halaman depan sudah berubah menjadi Mayasari. Tangkapannya adalah sebagai berikut :


Sekali lagi, ini murni kesalahan dari wartawannya atau memang disengaja supaya pengunjung (termasuk saya) jadi tertarik untuk membaca lebih lengkap tulisan tersebut ya? Untungnya, Detik segera meralat kesalahan tulis tersebut sesegera mungkin (dalam tempo 12 menit) sehingga saya berasumsi Detik hanyalah saalh keitk ™ . Ah, saya jadi ingat tulisan mas Ronny Haryanto tentang Detikcom di sini.

4 comments:

M. Andri Setiawan said...

sekarnag ini baca detik lebih kaya baca tabloid "Cari sensasi" .. dengan menggunakan bahasa gaul yang gak genah, dan kadang cenderung provokatif

Anonymous said...

Alhamdulillah, mungkin kita juga harus melihat dengan sudut baik dalam pemecahan dalam prasangka berita. Mereka dan kita semuapun hanya manusia biasa yang penuh kekurangan. Jadi dengan saling "Take 'n Give" semuanya bisa saling teratasi ... Semoga lain kali penulisan berita dimana2 minim akan kesalahan yang disengaja ataupun tidak :)

Anonymous said...

mas, silahkaeun baca postingan saya soal blogspot koment system supaya bisa di koment sambi dikasi URL :)

untung bukan "monyong sari" :D
detik, kaya'nya gak punya redaktur (editor) atau apalah namanya..

Brahmasta said...

Wah ternyata halaman utamanya ga secara otomatis ngambil dari halaman beritanya ya? Jadi dimasukkan dua kali. Hehe..
Sepakat ni ama komentar pertama. Detik isinya lebih kayak tabloid cari sensasi. Hehe..

Disclaimer : Semua tulisan di blog ini adalah pendapat pribadi dan tidak mengatasnamakan siapa pun dan institusi mana pun

Designed by Posicionamiento Web