Lebaran, mudik dan panduannya.

Tanpa terasa puasa hampir memasuki 10 hari yang terakhir. Berarti, tinggal beberapa hari lagi kita puasa dan saatnya kemenangan itu tiba, kita akan segera merayakan Idul Fitri. Di satu sisi, ada kesedihan dimana kita harus meninggalkan bulan suci yang sungguh kita muliakan yakni bulan Ramadhan, disisi lain, Hari Raya Idul Fitri akan segera kita masuki.

Idul Fitri atau Lebaran identik dengan mudik. Bagi saya dan mungkin sebagian dari anda yang bekerja jauh dari kota asal, di sinilah kegembiraannya. Pulang setahun sekali dan berkunjung ke rumah orang tua dan keluarga besar kita di kampung. Lebaran tanpa mudik, rasanya kok hambar ya. Oleh sebab itu, dapat dimaklumi jika orang rela antri berdesak-desakan untuk mencari tiket untuk mudik baik melalui jalan darat yaitu bis atau kereta, jalan laut yaitu kapal atau jalan udara yakni pesawat terbang. Terbatasnya moda transportasi yang ada sementara pada saat yang sama jutaan orang membutuhkan sarana transportasi yang serba terbatas di saat relatif waktunya bersamaan membuat harga-harga tiket melonjak naik.


Untunglah, untuk tahun ini, saya bersama keluarga besar sepakat mudik membawa kendaraan sendiri sehingga tidak terlalu dipusingkan dalam berburu tiket kereta atau pesawat terbang untuk sekedar pulang ke Jogja, kota tercinta dimana saya dan keluarga dibesarkan. Permasalahannya, banyak sekali jalan-jalan yang akan saya lalui dari Jakarta ke Jogja yang baru diperbaiki seperti banyak dilaporkan oleh media televisi dan koran. Oleh sebab itu, mudik kali ini saya perlu panduan tentang jalur alternatif mana yang harus kami lalui ketika terjebak macet atau ada hambatan lain seperti jalan longsor, dsb. Untunglah teman-teman di milis AXIC ada yang mengirimkan email ke saya berupa panduan mudik berisi file yang sangat berguna buat saya. Panduan mudik ini dibuat oleh Bapak Ir. Mulyadi beserta teman-temannya di Pusri Palembang (email : mulyadi@pusri.co.id). Terima kasih Bapak atas kerja kerasnya menyusun buku panduan ini yang menurut saya sangat lengkap sekali (hotel, kantor polisi, bengkel berikut no telp-nya lengkap tersedia). Beberapa contoh panduan coba saya pajang disini :

Bagi anda yang ingin mengunduh (download) versi lengkapnya, silakan klik disini.

Oke, selamat mudik dan hati-hati di jalan .... ;-)
Jangan lupa cek kondisi kendaraan anda dan pakailah sabuk pengaman... ;-)

0 comments:

Disclaimer : Semua tulisan di blog ini adalah pendapat pribadi dan tidak mengatasnamakan siapa pun dan institusi mana pun

Designed by Posicionamiento Web