Bertemu teman lama berkat Internet


Saya mengenal internet pertama kali semasa masih kuliah. Sekitar tahun 1995. Pada awal-awal itu, masih pengguna internet masih dapat dihitung dengan jari. Kebetulan, kampus saya pada waktu itu, memberikan akses internet dengan biaya yang murah bagi mahasiswanya. Kalau tidak salah, Rp. 20.000/bln. Dengan biaya sebesar itu, saya mendapat alamat email dan koneksi unlimited, jika diakses dari kantor provider di kampus. Semenjak saat itu, saya pun terbiasa menggunakan semua fasilitas yang tersedia di internet. Bahkan, internet sudah menjadi kebutuhan yang penting buat saya.


Meski sudah mengenal teknologi komunikasi yang revolusioner ini sejak lama, saya masih terkagum-kagum dengan pesatnya perkembangan teknologi ini. Banyak teman-teman yang merasakan manfaat perkembangan internet yang luar biasa ini. Dari sekedar hobi sampai menghasilkan uang. Bahkan pekerjaan seperti yang dialami oleh mas Didats, tetangga saya satu kecamatan :-D. Saya sendiri belum sampai ke arah itu yakni memanfaatkan internet untuk menghasilkan uang atau malah mencari pekerjaan baru. Namun manfaat yang baru saja terasa dan tidak dapat dihargai dengan apapun dengan adanya internet ini adalah saya bisa berhubungan lagi dengan teman-teman SD saya yang telah lama berpisah sejak tahun 1989 atau lebih dari 17 tahun !!!


Semua berawal dari teman SD saya, Doni Alamsyah yang googling via internet mengetikkan nama saya, Nurul Wibawa Cahya Buana dan menemukan homepage jadul (jaman dulu) saya. Kebetulan di homepage saya tersebut ada nomer telepon yang bisa dihubungi. Singkat kata, teman main bola sejak SD ini selanjutnya menghubungi saya via telepon dan mengobrollah kami lama. Pada saat itu, nomer teleponnya saya simpan di hape lama saya. Namun entah kenapa, nomernya tercecer hilang entah kemana. Sampai disini, hubungan saya dengan Doni, terputus total lagi.


Sampai suatu saat, selepas Hari Raya Idul Fitri kemarin, inbox friendster saya tiba-tiba ada sebuah pesan dari seseorang yang bernama Arum. Ketika saya buka, ternyata teman SD saya ! Olala, betapa senangnya bisa ketemu dengan teman saya itu. Selanjutnya kita saling bertukar hape, email dan Yahoo Messenger. Semenjak itu, kami sering berkirim pesan melalui media tersebut sampai akhirnya berujung pada kegelisahan yang sama : kenapa tidak kopi darat saja sekalian, mumpung sekalian masih dalam suasana lebaran. Akhirnya melalui sarana Friendster, SMS dan telepon, kami berhasil mencari jejak-jejak teman ‘nakal’ kita dulu. Nah, kontak dengan teman saya Doni ini kembali kembali terhubung berkat adanya internet. Semenjak keteledoran saya menghilangkan nomor telepon Doni, saya tidak bisa lagi menghubungi dia lagi. Untungnya, teman saya itu sempat mengucapkan keywords yang cukup berharga untuk dicari via googling “Bekerja sebagai pengacara dan berkantor di Wisma Pondok Indah”. Dari keywords tersebut, saya berhasil menemukan kembali teman lama saya. Pencarian teman-teman yang lain dilanjutkan kembali namun bukan saya sendiri yang bekerja. Sampai akhirnya, terkumpul beberapa orang meski tidak bisa seluruhnya. Dari sekitar 54 teman SD seangkatan kami dulu, hanya berhasil mendapatkan jejak sekitar 20 orang saja. Namun kami tetap bergembira dan yakin, suatu saat mudah-mudahan bisa terkumpul semua. Sampai akhirnya pada hari Minggu, 26 November 2006 kemarin kami bisa reuni kecil-kecilan dengan teman-teman SD dulu di Plasa Semanggi Jakarta. Kami mengobrol panjang dan tertawa bersama mengingat kegilaan dan bernostalgia masa-masa indah dulu di SD tercinta, SD Ungaran 2 Yogyakarta. Sungguh, suatu kesan mendalam setelah berpuluh tahun kami tidak pernah bertemu.


Sekali lagi, saya kagum dan berterima kasih dengan internet yang dapat mempersatukan kami kembali setelah berpuluh tahun tidak pernah bertemu….



15 comments:

gaussac said...

wah mas...jadi pengen juga tuh ketemu sama temen2 lama (SD,SMP,SMA,kuliah) pasti bakalan ngalamin sensasi yang aneh + terkejut-kejut....
yaaahhh...seandainya mas....

cahyo said...

@ gaussac

kalau teman kuliah, masih sering ketemu 4 bulan sekali di forum arisan. kalau teman SD, wuah..itu yang bikin surprise bisa ketemu lagi. sensasinya itu lho mas gaussac... :-D

maseko said...

Saya juga pernah tuh, tapi saya yang searching di KSI-nya plasa, terus kontak no telp temen, ketemu deh sama temen SMP yang 10 tahun ngilang..

Tresno said...

hm.. saya akan coba gogling nama teman2 saya waktu SD! makasih idenya

cahyo said...

@ maseko

wah...boleh tuh mas lewat ksi ya. belum nyoba malahan.

@ tresno

hehehe...monggo dicoba lho mas

aribowo said...

asik nya bisa ketemu ama temen lama, dulu juga aku pernah ketemu ama temen sma aku, trus sempat beberapa lama berhubungan lewat friendster, tapi sekarang udah gak parnah ada komunikasi lagi

M Fahmi Aulia said...

wah..saya sendiri tidak terlalu 'kangen' ketemu teman2 lama..soalnya yaa...rumahnya masih pada deketan sih:p

lebih seneng ketemu temen2 baru..apalagi kenalan via blog...lebih seru:)

andriansah said...

Google Addict detekted :)

Dino said...

Wah setelah kerja, semakin susah aja ketemu teman2 lama. Pingin ngumpul lagi nih..

wandira said...

Jadi pengen ketemu temen temen lama ..
Ketemu temen lama di Inet udah lumayan, banyakan sih temen SMU.

lantip said...

satu lagi yang ketemu sobat lama. hehee
kemarin teman yang kerja di luar negeri juga tiba-tiba sms aku. ternyata nomerku dipampang enda di blog indonesiahelp. hehehehe

om7ack said...

makasihnya sama om gugel donk ya :)

cahyo said...

@ all

harap-harap cemas, apalagi yang bisa kita dapatkan dari internet

Fany said...

Wah sama kayak pengalaman saya juga..

Bisa ketemu temen2 bahkan temen TK hihihi...
Memang menarik ya teknologi, asal dimanfaatkan untuk hal positif seperti ini :)

zam said...

weh.. alumni UGM juga toh?

oiya, mas..

saya juga ketemu sama temen-temen SD saya juga dari FS..

dan dari blog, saya juga ketemu banyak temen, terutama yg di Jogja..

oiya pak, gabung ke CahAndong.Org nggih..

nuwun.. :D

Disclaimer : Semua tulisan di blog ini adalah pendapat pribadi dan tidak mengatasnamakan siapa pun dan institusi mana pun

Designed by Posicionamiento Web