Susahnya mencari nama anak (laki-laki)


Memberi nama pada anak merupakan kewajiban yang harus harus dilakukan oleh orang tuanya terutama suami. Saya, yang ditugaskan oleh isteri (sedang mengandung anak kami,7 bulan) untuk mencari nama yang pas dan tentunya mempunyai arti yang bagus, sampai dengan sekarang masih kesulitan memenuhi amanah tersebut. Sudah ada beberapa kandidat sebenarnya yang ada di benak kepala, namun sampai sekarang kok masih merasa belum ada yang sreg di hati.

Menurut dokter, anak kami diperkirakan laki-laki (mudah-mudahan perkiraan dokter ini benar). Meski kelak jika diberikan anak perempuan pun, kami akan menerima dengan suka cita. Masalahnya, perkiraan dokter kan belum tentu benar. Namanya juga manusia. Bisa saja perkiraan laki-laki namun setelah lahir ternyata perempuan. Hal ini terjadi pada kakak saya dulu. Empat kali di-USG, dokter bilang laki-laki, eh...setelah lahir ternyata perempuan. Padahal nama yang disiapkan sudah untuk laki-laki. Alhasil, kakak saya pun segera mencari nama untuk perempuan, meski dadakan. Oleh sebab itu, saya pun harus siap menyiapkan dua buah nama, bila tidak ingin repot di kemudian hari. Satu nama untuk laki-laki dan satu nama untuk perempuan. Ternyata sulit juga ya mencari nama yang pas. Kesulitan itu sangat terasa bila mencari nama laki-laki. Sungguh... relatif lebih gampang mencari nama anak perempuan. Ternyata, teman-teman saya yang sudah punya anakpun bercerita demikian. Lebih gampang mencari nama untuk perempuan, kata mereka.

Kesulitan ini bertambah bila mengikuti saran dari mas Andry S Huzain yang berpendapat sebaiknya memberi nama dengan ejaan yang mudah dan mengindonesia. Hmm...saya pikir, ada benarnya juga nih.... ;-D

Keinginan saya dan isteri, kelak nama anak kami ada unsur nama Jawa (karena kami berdua orang jawa), ada unsur islamnya (karena kami berdua muslim) dan ada unsur romawinya (hehehehe...biar kelihatan cantik dan keren aja ). Mudah-mudahan kami bisa menemukan nama yang pas dan sesuai saran mas Andry di atas yakni ejaannya mudah dan mengindonesia, namun tetap memenuhi 3 kriteria di atas. Ada usulan nama??


Foto :

http://www.happy-baby.hu

22 comments:

Muhammad Rivai said...

Pengalaman saya malah lebih unik mas. Saya menyiapkan nama cewek karena USG sampai 9 bulan masih cewek, ternyata yang lahir malah cowok. Jadilah jagoan saya saya beri nama Muhammad Rivai, hehehe...

Yang jelas, memberi nama untuk anak sendiri kebahagiaannya tak terungkapkan. Saya dan keluarga doakan agar prosesnya lancar dan mudah.

Vavai
http://blog.vavai.com

Firmansyah afandi said...

Yang terbaik beri nama anakmu dengan Muhammad.. Kalau dibelakang terserah. Jangan asal kasih nama ke anak..Nama anak mengandung karakter kalau sudah dewasa..Beri nama yg terbaik… Aku juga sdg mikir cari buat anakku walaupun masih dalam kandungan 2 bulan..

Indra KH said...

Hingga bulan ke 9, saya belum mengetahui apakah anak saya laki-laki atau perempuan, kendati menggunakan USG. "Tidak kelihatan, terhalang ari-ari," kata dokter kepada saya.

Akhirnya saya menyiapkan 4 pasang nama laki-laki - perempuan untuk anak saya. Dan setelah lahir, anak saya ternyata perempuan.

Yang unik, nama yang terpilih hanyalah satu potongan nama di antara 4 nama anak perempuan, sisanya - bahkan nama depan - didapat dadakan di RS.

indra kh’ blog

Mel said...

dulu saya pengen punya anak laki2 dikasih nama Irsyadi Fakhran..
*merenung*

tapi kalau disuruh punya anak lagi ogah ah, 2 aja udah teler..dikasih satu lagi, kurus guah :))

Yudhis said...

Tadinya kalau dapat anak laki saya sudah siapkan nama jawanya Aksana. Biar panggilannya bisa Aksan, seperti Wong Aksan drummernya Potret :D

adhisimon said...

Baru saja tadi malam saya juga menulis blog tentang nama anak saya. Diantaranya saya juga mengalami masalah mencari nama anak laki-laki. Entah kenapa dapatnya nama perempuan terus.

kunderemp said...

"Keinginan saya dan isteri, kelak nama anak kami ada unsur nama Jawa (karena kami berdua orang jawa), ada unsur islamnya (karena kami berdua muslim) dan ada unsur romawinya (hehehehe...biar kelihatan cantik dan keren aja). Mudah-mudahan kami bisa menemukan nama yang pas dan sesuai saran mas Andry di atas yakni ejaannya mudah dan mengindonesia, namun tetap memenuhi 3 kriteria di atas. Ada usulan nama??"


[Narcis Mode = ON]Sayyid Narpati Caesar

He he he he...
(tiga kata tapi artinya sama semua.. ha ha ha ha)

cahyo said...

@ all

thanks semua atas komentarnya yang bagus-bagus

yanti said...

mungkin bisa mulai dari arti nama yang diinginkan. baru nanti dicari nama2 yang artinya kira2 seperti itu.
kalau mulai dari "enak didengar", suka bingung milihnya :)

tapi memang, milih nama anak laki lebih susah. kalau nama anak perempuan sih, sejak masih belum nikah saya udah siapin. dan kebetulan suami setuju untuk dipakai pada sang putri kriwil. dia bilang saya toh lebih kreatif untuk masalah nama.. hehehe..

aribowo said...

kalo boleh kasih, gimana kalo nama nya Aribowo aja :D

*ngacir*

Laks said...

wah saya juga ngalamin mas..:) nama adalah doa mas...
ini pengalaman saya mas
http://laksonos-family.blogspot.com/2006/08/repotnya-nyiapin-nama.html

-tikabanget- said...

hhhohoho...

jangan kasi nama tikabanget kalo punya anak cewek ya..
*siul siul narsis..*

didats said...

cuma mo kasih pesen,
jangan lupa pake triadi!

hihihi

Tresno said...

nama itu do'a

lantip said...

wah nyari nama laki-laki memang lebih sulit :D

lidah penghunus said...

assalamualaikum. jemputlah ke http://lindunganbulan.blogspot.com dan http://karyamuslim.blogspot.com

andri said...

Kalau bingung, cari inspirasi dengan baca buku telpon aja mas, kan disitu banyak nama :-)

gaussac said...

usul pake nama ilmuwan...kek saya gini ada nama Gauss, ilmuwan jerman.
*haiyah, narsis bangeett*

IMW said...

Sewaktu saya mencari nama anak saya, saya manfaatkan Google, untuk memastikan bila dicari memakai Google atau Search Engine lainnya akan tampil sebagai urutan pertama.

Jaman Internet jeee...

maseko said...

Jangan lupa ada First Name sama Last Name-nya biar gak bingung ngisi form2 di internet.

cahyo said...

@all

thanks atas inputnya.

@ maseko

thanks mas, dah diingetin. saya sudah sepakat dgn isteri, namanya terdiri dari 3 suku kata. kebetulan isteri saya dua kata, saya empat kata. jadi cari yang tengah-tengah...hehehehe

Abu Shidqie said...

Emang pusing juga ya, cari referensi yang pas buat nyusun nama islami untuk anak, eh ketemu juga akhirnya di http://www.namaislami.com
Makasih y Om Google..

Disclaimer : Semua tulisan di blog ini adalah pendapat pribadi dan tidak mengatasnamakan siapa pun dan institusi mana pun

Designed by Posicionamiento Web