Kelangkaan AQUA Galon Refill

Kejadian ini nampaknya terus berulang di tiap tahun sesudah lebaran. Saya sangat susah menemukan Aqua Gallon Refill. Pada saat mudik ke Jogja minggu lalu, kesulitan dimulai. Saya cari di toko-toko dan kios kecil, stock aqua gallon refill banyak yang kosong. Padahal lokasi rumah orangtua saya di Jogja tidaklah terlalu terpencil dan mudah dijangkau distribusinya oleh mobil besar sekalipun. Saya pikir, ketika pulang ke Jakarta, kesulitan saya ini akan berakhir. Ternyata tidak juga. Kios-kios kecil dan toko waralaba seperti Indomaret dan Alfamart di Jakarta ternyata juga kehabisan stock. Saya tinggal di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat. Minggu kemarin, 5/11/2006, saya coba cari di hypermarket Carrefour di dua tempat yakni ITC Cempaka Mas dan satu tempat lagi, Carrefour Cempaka Putih. Ternyata kosong juga. Sampai sebal rasanya saya putar-putar cari Aqua Gallon Refill ini. Anehnya, untuk produk merek lain, sampai tersedia melimpah. Entah kenapa, hal seperti tidak bisa diantisipasi oleh manajemen aqua. Kekosongan stock barang !!!

Saya juga sudah coba komplain ke manajemen aqua melalui website mereka di www.aqua.com. Seperti biasa, tidak ada respon sama sekali dari mereka (hmmm...isi websitenya saja sudah out of date nih)


Dalam teori marketing yang saya pelajari, kekosongan produk seperti ini tidaklah boleh terjadi. Bila kompetitor jeli dan bisa memberikan nilai tambah kepada customer yang sebal dan kebingungan seperti saya, customer bisa pindah ke merek lain. Atau istilah kerennya switching the brand. Sebagus dan sekuat apapun sebuah merek, jika produknya susah dicari di pasar, orang pasti lama-lama juga akan berpikir dan terpaksa atau tidak, pindah ke lain merek. Entah sampai kapan kekosongan ini akan terjadi. Saya lagi berpikir untuk beli air dalam galon dengan merek lain jika sore nanti sepulang kantor, saya tidak mendapatkan lagi 3 botol galon merek aqua di toko langganan saya... ;-)


8 comments:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

napa mesti aqua kan? kan banyak produk sejenis nya

Anonymous said...

Yes !!! Akhirnya ketemu teman seperjuangan. Sama-sama susah nyari AQUA galonan. Met kenalan mas !!!

Anonymous said...

wah... masih mending kalau langka, di daerah kostan saya, semua aqua itu palsu.

sudah kami tes perbedaan rasa dan warnanya dengan aqua asli yang langsung dibeli dari mobil aqua.

Anonymous said...

wakakaka.....
iya, emang susah banget...!

tapi di rumah itu aku punya 2 botol.
botol akuwa, sama mq. jadi kalo salah satu ga ada, ya pake mq.

yg mq ini belinya di mesjit mas...

oh iya lupa,
halo tetangga! :D

Anonymous said...

iya... dimana2 orang mengeluh langkanya aqua refill,,, untuk saya ga pake :P

btw,,, selamat datang di andong! enjoy ;)

Anonymous said...

ganti merek yang lain aja..

Anonymous said...

HALO bung Cahya, salam kenal!! Perkenalkan saya hanya salah satu sub agen kecil Aqua di kota kecil di Banjar Jawa Barat.
Hanya untuk informasi, pada hari biasa pengiriman barang per-hari sekitar 1 truck tronton (720 botol)tetapi pada hari menjelang hari raya khususnya lebaran permintaan barang sudah kami tingkatkan menjadi 4 truck per hari. Jadi memang kekurangan stock lebaran sudah berusaha saya dan pihak Aqua antisipasi. Menurut saya kelangkaan AMDK (air minum dalam kemasan)merk Aqua di lapangan ketika lebaran terjadi karena : 1.Banyaknya Konsumen Aqua yang mudik sehingga kebutuhan air Aqua pun meningkat, 2.Konsumen Aqua membuat stock untuk lebaran di rumahnya masing2 bisa 5-7 galon di rumah. 3.Untuk Prestige, masyarakat kota kecil pun menyediakan air ber-merk Aqua untuk tamu-tamunya. 4.Satu-dua hari sebelum dan sesudah lebaran, mobil-mobil besar pengangkut tidak boleh lewat ke jalur mudik 5.Kembalinya konsumen air isi ulang aqua murah (palsu) ke air ber merk Aqua (asli). Jawaban ini tidak mewakili pihak manajemen aqua, tetapi lebih kepada penilaian saya karena melihat kondisi lapangan saat lebaran. Terima kasih dan harap maklum.
Matur nuwun wis ngombe nganggo banyu aqua .... heheheh...sory bhs jawanya gak lancar, soalnya cuman 6,5 tahun d ygy.... bye...
Dani Fabian M
marthenf120285@yahoo.com

Disclaimer : Semua tulisan di blog ini adalah pendapat pribadi dan tidak mengatasnamakan siapa pun dan institusi mana pun

Designed by Posicionamiento Web