Seandainya kunci mobil tertinggal di dalam mobil

MogokSore kemarin, hp saya menyala. Kakak ipar saya,  menelepon kalau mobilnya, Avanza ban bagian belakang kempes di jalan. Pada saat mengambil dongkrak dan peralatan untuk mengganti ban, secara tidak sengaja, kunci mobil tertinggal di dalam mobil. Autolock dari mobil bekerja dan mengunci mobil secara otomatis sehingga pintu mobil pun tidak bisa dibuka. Kebetulan lokasinya dekat dengan kantor dan rumah. Namun mengingat jalan menuju Gunung Sahari macet, saya memilih pulang dulu berganti motor sambil membawa peralatan untuk mengganti ban seperti dongkrak, senter, k unci-kunci dsb.

Dalam kasus seperti ini, berdasar pengalaman, ada beberapa alternatif pilihan untuk mengatasi tertinggalnya kunci mobil di dalam mobil :

1.  Panggil mobil derek milik asuransi. Fasilitas ini gratis kalau mobil dicover asuransi.

2.  Ambil kunci cadangan di rumah

3.  Minta tukang kunci datang dan membandrek kunci

4.  Dibuka menggunakan penggaris besi yang panjang (disarankan 1 m)

 

Untuk kejadian kakak saya ini, point no 1 diabaikan karena mobil kakak saya ternyata sudah tidak diasuransi. Demikian juga untuk point no 2, diabaikan juga karena lokasi tempat tinggal kakak saya terlalu jauh dari lokasi kejadian. Bintaro – Gunung Sahari bukan jarak yang pendek jika harus pulang dulu ambil kunci di rumah. Apalagi jalanan macet pas bubaran jam kantor.

Point no 3, sebenarnya ini yang saya sarankan ke kakak saya. Sayangnya, agak susah mencari tukang kunci di malam hari yang masih buka dan mau mengerjakan pekerjaan ini ke lokasi kejadian. Sebenarnya, ada 1 tukang kunci yakni di dalam pasar Cempaka Putih yang bersedia mengerjakan pekerjaan ini. Tapi hanya mau mengerjakan selepas pukul 9 malam ketika tokonya sudah tutup. Biayanya minta Rp. 100 ribu. Cukup murah untuk ukuran di Jakarta karena berdasar cerita teman, biaya antara Rp. 125 ribu  sampai Rp. 150 ribu. Saya lihat jam tangan, ternyata masih pukul 6.30 sore. Terlalu lama kalau harus nunggu pukul 9 malam. Akhirnya alternatif terakhir alias point no 4 yang harus saya pakai. Berikut langkah2 pengerjaannya :

1. Siapkan penggaris besi sepanjang 1 m, senter untuk penerangan, dan 1 set toolkit standar seperti tang, obeng dsb

2. Buka salah satu karet pintu bagian bawah. Disarankan pintu depan, boleh kanan atau kiri. Karena posisi yang memungkinkan di sebelah kiri, untuk kasus kakak saya ini, saya memilih pintu sebelah kiri.

3. Senter posisi lubang di pintu kaca setelah karet dibuka. Ada sedikit pengait kecil yang bila kita tekan menggunakan penggaris, kait tersebut akan turun ke bawah. Dengan turunnya kait ini, tombol lock di mobil otomatis akan terbuka. 

Demikian tips singkat, jika mengalami kondisi darurat kunci mobil tertinggal di dalam mobil. Mudah2an bermanfaat.

 

Coba nulis menggunakan windows live writer.

Ilustrasi diambil dari sini

20 comments:

Anonymous said...

Judul tulisan ini juga bisa diganti dengan "Panduan Praktis bagi Calon Maling Mobil yang Ingin Membuka Pintu Mobil Menggunakan Penggaris Besi Panjang"

*ngacirrrrr.... *

IMW said...

Tidak semua mobil bisa dibuka dg penggaris, memang sebagian besar mobil Jepang bisa. He he dulu saya di kampus sempat dikenal sebagia dosen yg dicari kalau kunci ketinggalan di mobil.

Anonymous said...

:D

Bakal ada banyak calon maling nih....

Anang said...

yap. ajakan dan arahan membukapaksa pintu mobil dg penggaris

Anonymous said...

Terima kasih untuk petunjuknya bang :d

*calon maling*

Anonymous said...

@all

konteksnya memang bisa dibaca dari yang baik dan buruk. seperti golok. bisa dipakai untuk membunuh orang (tujuan jelek) tapi bisa juga dipakai untuk mengupas sabut kelapa (tujuan baik).

anyway, thx semua atas komennya

wadiyo said...

lagi seneng mBecak,
blm ada mobil.

Anonymous said...

Wew, untung aja saya gak pake mobil.
Tapi ada tips lain lagi nih, apalagi kalau musibah nya malam gitu, yaitu pakai sedikit pernapasan.
Siap-siap dengan "T..." lantas di lanjut dengan "Ooooooolongggg".
Jadi bunyinya "Toooolllooooonnnggg..".

Kalau malam hari bakalan selesai deh masalah nya (Kecuali musibah nya di hutan).

Anonymous said...

Wah tips bagus, langsung di bookmark :D

Anonymous said...

nanti kalo saya punya mobil, saya coba praktek :D

Anonymous said...

Thank kawan...posting yang berguna...tapi kalo aku paling tinggal ngacir aja...hehehhehehe

Anonymous said...

Wah sering ngalamin juga nih, walau emang harusnya jangan dibuka ke publik gini. Kalo pake teknik penggaris, ada resiko kaca jadi baret-baret dan mekanisme kunci jadi rusak.

kalo mau yang aman (berlaku untuk mobil minibus :D), liat ke lampu rem belakang. Ada beberapa mobil yang lampunya bisa dibuka dari luar. Tinggal cari obeng trus buka lampu rem belakang. Nanti ada lobang ke ruangan dalem. Nah cari orang yang tangannya panjang untuk mencapai kunci pintu belakang ato pake kayu. Udah selesai psang lampu remnya lagi. Mobil kebuka dengan kerusakan sangat minimal :D :D :D

Anonymous said...

bos klo posting ini di baca maling... abis lah sampean

Neng Keke said...

Pake penggaris panjang trus digimanain sih? Kalo liat di film kok kayaknya gampang banget. Padahal mah... PRET! Gue dah pernah nyoba dan GAGAL! :p

Anonymous said...

wah... pengalaman menarik n tips menarik pula..
haha..


salam kenal deh..

R10 said...

habis baca posting ini bakalan ada calon :

macgyver atau bisa juga maling nih :D

Anonymous said...

Waw panduan yang berguna. Bagus juga nih, thanks for sharing.

Anonymous said...

sae...banget..jazakallah...brow.

Anonymous said...

kalo ga dipinjemin mobil ma kk gw, kayaknya bisa dipake nih mas.. huahahahaha.. ada yang punya tips nyalain mobil tanpa kunci? hahahaha

roaseesh said...

ak653 fake designer bags jc236

Disclaimer : Semua tulisan di blog ini adalah pendapat pribadi dan tidak mengatasnamakan siapa pun dan institusi mana pun

Designed by Posicionamiento Web