Sinetron Intan di RCTI


Pernah lihat sinetron Intan yang ditayangkan oleh RCTI setiap hari dari pukul 18.00 WIB s/d 19.00 WIB? Atau anda malah menggemarinya dengan menontonnya setiap hari tanpa terlewatkan sedetik pun? Terus terang, saya belum pernah lihat sinetron ini dari awal sampai akhir, satu episode pun. Oleh sebab itu, saya pun tidak jelas dan tidak paham jalan ceritanya. Saya melirik sinetron, mungkin hanya sekilas saja waktu stasiun MetroTV, Global TV dan Trans7, menyiarkan berita pada jam tersebut yang diselingi jeda iklan berbarengan. Itu pun hanya sekedar untuk melihat sekilas wajah manis Naysilla Mirdad, pemeran utama sinetron Intan itu. *halah*


Baik, kalau anda belum pernah melihat sekalipun, berikut sedikit bocoran jalan cerita sinetron tersebut dari review-nya di website RCTI (ternyata saduran dari sinetron Korea saudara-saudara. Sama dengan sinetron Buku Harian Nayla yang pernah ditulis om Priyadi di sini. Hehehehe...) :


Kasih adalah puteri dari sebuah keluarga kaya. Kasih jatuh cinta pada Fajar yang berasal dari keluarga miskin, Tapi hubungan mereka tidaka direstui kedua belah pihak.

Suatu hari, Kasih mengetahui dirinya hamil. Fajar bersedia bertanggung jawab. Fajar dan Kasih menikah. Kasih melahirkan seorang bayi yang diberinya nama Intan. Mereka hidup pas-pasan. Fajar memutuskan berhenti kuliah dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Namun malang menimpa Fajar, sebuah kecelakaan merenggut nyawanya.

Suatu hari orang tua Kasih menemukan Kasih. Mereka membawa Kasih dan menikahkannya dengan Dokter Frans. Kasih tak membawa Intan bersamanya (Intan ditinggal bersama Lastri (Ibunya Fajar).

Lastri marah mengetahui pernikahan dan kepergian Kasih. Lastri berfikir, Kasih sudah mengkhianati Fajar, bahkan tega meninggalkan bayinya.

Intan sudah dewasa. Dia tumbuh menjadi seorang gadis yang lugu (Agak sedikit Lemot), baik dan sangat menyayangi Lastri, Lastri sangat protektif terhadap Intan karena dia tidak ingin masa depan Intan rusak seperti masa depan Ayahnya, Fajar.

Ternyata Lastri kecolongan, Intan Hamil. Lastri lalu meminta pertanggung jawaban Ello, teman dekat Intan. Awalnya Ello ragu, karena dia masih kuliah.. tapi akhirnya Ello memutuskan untuk menikahi Intan, walaupun Keluarga Ello menentang.. Setelah menikah Intan pindah kerumah Ello.

Intan yang Lugu memulai kehidupan barunya dengan pak Jamal, Ibu Yana dan dua kakak Ello, Dandy dan Rully.

Kebahagiaan tidak berlangsung lama untuk Intan.. Beberapa hari setelah pernikahannya, Ello mengalami kecelakaan dan meninggal dunia.. Yana dan Jamal menyalahkan Intan atas kematian Ello.. Intanpun diusir dari rumah Jamal.. Intan emohon pada Jamal untuk menerima dia tinggal dirumah itu, paling tidak sampai anaknya lahir..

Kehidupan Awal Intan dirumah itu tidak mudah, karna Yana bersikap memusuhi Intan, Tapi Intan tetap menghadapi dia dengan sabar dan sayang.. Intan menganggap Yana sebagai pengganti Ibunya yang sudah meninggal.. sifat dan Sikap Intan, akhirnya membuat Yana luluh juga.

Intan yang merasa tidak enak karena sudah menumpang dirumah mertuanya.. ingin membiayai hidup anaknya, memilih bekerja sebagai Sales.. karna pekerjaannya ini, ntan bertemu dengan Rado. Lalu Intan bekerja disebuah salon yang ternyata adalah milik ibunya Rado. Disalon ini, intan bertemu dengan Lila dan Fanny, Lila yang juga menyukai Rado kesal, dan berusaha memisahkan Intan dan Rado..

Sementara itu Kasih yang menderita penyakit Ginjal diharuskan melakukan Transplantasi Ginjal.. Tapi tidak ada satupun donor yang cocok..

Dokter Frans yang tidak mau kehilangan Kasih, akhirnya mencari Intan dengan tujuan meminta Intan mendonorkan ginjalnya untuk kasih.. Lastri sangat marah saat tau hal ini, Intan akhirnya tahu, kalau Kasih adalah ibunya, dan sebenarnya ibunya belum meninggal.. Intan Shock.. Tapi karena kebaikan hatinya, dia bersedia mendonorkan ginjalnya. Tapi keinginannya ini, ditentang oleh Lastri, Rado dan Kasih sendiri.. Bagaimanakah kelanjutan kisah ini, apakah Intan berhasil menyelamatkan Kasih? Apakah hubungan Rado dan Intan berlangsung dengan mulus? Dan apakah Intan dapat meraih cita citanya sebagai seorang penata Rambut?


Bagaimana menurut anda? Ada yang menarik menurut anda dari jalan cerita sinetron tersebut? Oke, di sini saya tidak akan membahas sinetron tersebut apalagi menilainya. Secara saya bukan kritikus, saya juga tidak terlalu suka dengan sinetron Indonesia. Saya hanya ingin bercerita kepada anda tentang fenomena kehebohan sinetron tersebut di kantor saya. Setiap menjelang pukul 16.30, rekan-rekan saya di kantor sudah pada siap buru-buru pulang ke rumah, hanya untuk melihat sinetron Intan di RCTI !! . Jangan sampai terlambat apalagi melewatkan sinetron tersebut semenit pun. Begitu kata teman saya. Halah, kok bisa ?!? Saya sendiri juga heran, apa sih yang istimewa dari sinetron tersebut sehingga banyak orang di kantor saya, baik laki maupun perempuan rela tenggo (bel berdering teng langsung go, pulang) ??. Kata teman-teman saya itu sih, jalan cerita sinetron tersebut bagus dan lain dari sinetron kebanyakan yang banyak ditayangkan di stasiun televisi. Ternyata teman-teman kantor saya tidak sendirian. Di sini, banyak orang yang keranjingan dengan sinetron tersebut. Bahkan, office boy khusus di ruangan saya juga cerita, kalau setiap kali pulang ke rumah, dia selalu bertengkar dengan bini-nya, gara-gara berebut kanal televisi yang menyiarkan Intan di RCTI dengan selera dia yang sama sekali tidak suka dengan sinetron.


Cerita dari rekan kerja isteri saya lebih heboh lagi. Rekan-rekan kerja di kantornya rela pulang lebih malam hanya untuk menonton sinetron Intan di televisi kantor terlebih dahulu. Mereka tidak mau kehilangan moment penting di sinetron yang terlewatkan begitu saja. Bahkan, salah satu rekan kerja isteri saya tersebut, bila pulang lebih cepat dan terlambat sekian menit di jalan serta terlewatkan sinetron tersebut, rela berhenti di warung terdekat langganan dia, sekali lagi, hanya untuk menonton sinetron tersebut (lupa suami dan anak di rumah ??). Opo tumon ??


Saya hanya geleng-geleng kepala melihatnya. Kok sampai segitunya ya? Pantas saja sinetron di hampir semua stasiun televisi kita, laris manis dan mencapai rating yang baik. Jam tayangnya pun sudah tidak di prime time atau pun jam tayang utama. Pagi, siang, sore dan malam kita bisa melihat tayangan sinetron di televisi kita (mungkin, mengetahui begitu gilanya masyarakat kita dengan sinetron, Astro, televisi langganan berbayar dari negeri jiran, kabranya sampai menghadirkan kanal khusus sinetron yang tayang selama 24 jam !!). Meski tidak sedikit yang mengecam sinetron produk lokal kita karena katanya menumpulkan logika, mengetengahkan kekerasan, tidak mendidik dsb, ternyata suka atau tidak suka, ternyata banyak yang masyarakat kita yang menggandrunginya. Salah satu contohnya ya sinetron Intan tersebut.


Menurut saya, sah-sah saja kita menyukai sebuah tontonan. Namun jika sampai taraf tidak bisa tidur karena ketinggalan beberapa episode atau bertengkar dengan pasangannya atau melalaikan kewajibannya dalam kehidupan berumah tangga, saya pikir hal ini sudah kelewatan.


Sebenarnya, sinetron yang banyak ditayangkan di televisi itu mencerminkan realitas dari kehidupan masyarakat kita atau malah sebaliknya sih ? Karena di komentar beberapa pengunjung di tulisan saya sebelumnya di sini, banyak yang menyatakan, kok ada juga ya anak yang menyia-nyiakan bapaknya seperti di sinetron saja. Jangan-jangan…………………


Ah….anda sendirilah yang menjawabnya. Yang jelas, dari sinetron Intan yang ditayangkan oleh RCTI tersebut, saya paling suka theme song sinetron tersebut yang dinyanyikan oleh grup Letto dengan vokalis Neo (yang katanya anaknya budayawan Emha Ainun Nadjib itu) dengan judul “Ruang Rindu”. Lagu ini selalu diputar di awal dan di akhir sinetron.


Dan aku mulai takut terbawa cinta menghirup rindu yang sesakkan dada
jalanku hampa dan kusentuh dia
terasa hangat oh didalam hati
kupegang erat dan kuhalangi waktu
tak urung jua kulihatnya pergi
tak pnah kuragu dan slalu kuingat
kerlingan matamu dan sentuhan hangat
ku saat itu mencari makna
tumbuhkan rasa yg sesakkan dada

*
kau datang dan pergi oh begitu saja
smua kutrima apa adanya
mata terpejam dan hati menggumam
di ruang rindu kita bertemu
*
bertemu



Nah…lagu ini lebih heboh dan lebih mantap menurut saya !!


Note :

Betul juga apa yang ditanyakan oleh mas Abe Poetra. Kok saya jadi sering nulis tentang televisi ya? Mungkin ini sebagai “penebus dosa” karena di waktu kuliah saya dulu di jurusan ilmu komunikasi, tidak terlalu serius menjalaninya. Namun untuk bikin web televisionwatch.org atau sejenisnya, nampaknya saya belum mempunyai kompetensi untuk terjun di situ. Begitu jawaban “ngeles” dari saya, Mas Abe Poetra. Hehehehe...


Foto : Courtessy RCTI

technorati tags:, , ,

34 comments:

risiyanto said...

Coba anda bikin quesioner,
sebarkan pada teman-teman anda penggemar sinetron itu.
Hasilnya posting disini.

Anonymous said...

nyonya juga demen sinetron ini mas :D
mo jam berapapun nyampe rumah, entah itu 5.45 atau 6.15, tetebh nyetel RCTI
tapi dia gak terlalu masalah kalo terlewat satu episode., paling hanya menghela napas.."yah,.gak nonton intan deh"..

karena nyonya nonton, mo ga mau ikut juga ngejogrok di depan tipi, *wong tipinya cuma satu :D

tapi saya mo ngasi minus point nya (terlepas bahwa kalo emang ngejiplak sinetron asia) :
* dokter koq demen nya ngomelin anak buahnya.. apa dokter setempramen itu.
* kalo ada masalah, diselesaikan dengan minum minum sampe mabok
* child abuse! cast anaknya intan
.. kasian banget deh, anak sekecil gitu harus mendengar teriakan (suara kencang) ketika digendong meriam belina memanggil2 intan,
lalu si anak tsb harus ber'adegan' di outdoor.. :(

apa lagi ya..
ya selaen itu jalan cerita nya .: sinetron deh :D

Anonymous said...

Karena dengan sinetron masyarakat dapat melarikan diri dari kenyataan hidup yang tak jarang pahit. Makanya sinetron yang bertema berlebih-lebihan selalu laris di sini. Disukai atau tidak, apapun yang disodorkan oleh production house pembuat sinetron, langsung atau tidak langsung karena permintaan pasar juga.

Anonymous said...

@ risiyanto
bikin quesioner? bagus juga sih mas. tapi untuk apa. ntar malah dikira propokator karyawan untuk minta kenaikan gaji yg mpe sekarang gak jelas. hiks..:(

@ snydez
hihihi...ternyata penggemar juga tho mas, meski karena alasan terpaksa tipiny cuman atu...xixixixix..

@ galih
emang gitu ya? tapi bisa jadi betul juga sih..

Anonymous said...

Ortu ku juga suka nonton pilem Intan, tapi kalo aku sih paling males nonton Sinetron, apalagi kalo bersambung.. :(

Anonymous said...

saya juga suka lagunya saja.. jadi nonton kalo pas intro doank hehe..

Anonymous said...

pada dasarnyah sayah emang jarang nonton tipi...

Anonymous said...

Oh ya? Sebanyak itu yang nonton? Pantesan sekarang semakin banyak sinetron gak jelas di TV. Kan orang kita latah.. hehe

Anonymous said...

Kadang2 suka heran dg stasiun2 TV kita. Mereka patuh sekali dg rating SRI. Padahal Metro TV yg selalu berada di urutan paling bontot versi SRI toh masih eksis dan sehat wal afiat sampai sekarang. IMHO, sinetron tidak mencerminkan realitas nyata di masyarakat, melainkan realitas maya. Masyarakat sekedar butuh hiburan sebagai pelarian dari sumpeknya hidup di dunia nyata.

Anonymous said...

makanya, nonton dorama aja.
hehehe
sinetron sux

Anonymous said...

bukan adaptasi..tapi jiplakan Be Strong Geum Soon,serial korea 2005,berating 40%,..karena sinemart ngga mengakui dan mencantumkan judul asli drama koreanya di credit title...hebat kan sinetron jiplakan rating tertinggi lho...

Anonymous said...

mengenai comment syndez
- dokter ngomelin anak buah & temperamental..emang aslinya (koreanya) gitu, dan gw bisa mastiin emang ada dokter yang begitu (saya ngalamin kok)
- ada masalah diselesaikan dengan mabok --> khas drama korea, indo..ngga deh!! maksa!!
- suara kenceng meriam bellina --> biasa deh, over acting..aslinya yang korea ngga gitu kok

Anonymous said...

Saya sih kalau nonton Intan baru-baru inih aja karena orang-orang dirumah kalau udah jam 18.00 pada manteng aja di Televisi. Jadi saya penasaran. Saya sukanya sama wajah manisnya nayla tapi ga suka sama ketawanya.

Yang saya ga suka dari dulu, kenapa pemain cowok itu dempulnya kok tebal banget malah mendekati mayat, terus juga bencong gitu lho pake lipstik segala. Padahal si nayla sendiri ga tebal-tebal banget kok bedaknya.

Tapi saya akhirnya mengerti jalan cerita. Kalau ada waktu ditonton kalau ga ada waktu ya.. tanya orang rumah aja cerita kemarin gimana.

Hmmm, kenapa ya.. sekarang sinetron kita cowoknya udah berani mengeluarkan air mata, dulu enggak tuh, maksudnya ga sesering sekarang, kayak film india aja

Unknown said...

Bencinya nonton sinetron ala Indonesia ya sukanya maksain cerita biar panjaaaaang episodenya. Nonton punya nonton, koq sepertinya tokoh Intan itu lemot amat yach..., kalo komputer pentium 1 kali yach...alias looaamaa loading-nya. Mbok yao jangan nemenlah....mosok nggak sadar sich ini salah itu salah. Mana temperamen semua seperti nggak kenal sekolahan aja

Anonymous said...

nambah satu lagi hal negatif dari cerita sinetron intan ini
bahwa, melanggar janji adalah sesuatu yang boleh, sesering mungkin kalo bisa
dan melanggar janji adalah hal biasa dan gak bakal dapat punishment

Anonymous said...

Sinetron Intan menjadi favourite kelg kami. Tapi kenapa akhir2 ini kelihatan terlalu berlebihan dalam memperpanjang cerita ini. Mudah2 an penonton jadi ga bosan melihatnya ya. Sayang sebetulnya cerita yang sangat menyenangkan berakhir menjadi membosankan. Itu aja komentar saya ....

ahmad rozy said...

pada awalnya jalan cerita intan memang bagus, tapi setelah episode 114 jadi amburadul dan tidak tau mana yang benar dan salah. apa memang ada org yang sudah begitu baik hati kehidupannya tidak pernah menagalami kebahagiaan. apa itu mungkin pengalaman pribadi sutradara sendiri???. Atau sutradaranya memang org yang kejam denga kehidupan ini.

ahmad rozy said...

pada awalnya sinetron Intan memang bagus, tapi semenjak episode 114 menjadi amburadul. Dan saya lihat sepertinya sutradaranya sangat kejam sekali dengan kehidupan sesorang!!. Apakah itu memang begitu jiwa sang sutradara sendiri???. Sya rasa tidak ada kehidupan seorang manusia yang sudah begitu baik menderita sepanjang hidupnya. Atau itu memang pengalaman dari org terdekat sutradara sendiri yang sudah baik hati tapi tidak pernah bahagia???

anggunpribadi said...

nggak Ada yang bagus.. sinetron skg cuman merusak doang!!

Anonymous said...

Tu gx see intan tuh NJIPLAK dari filmK Korea judulnya Be Strom Geum Soon. parah g seee! Sinemart iru kayak g ada ide lain aja Aneh BGT!! g ada Kreatifitasnya sama sekali. Trus artisnya koq juga mau siy Sinetron jiplakan kayak gitu. IIIIIIhhhhhh aneh Kayak g ada job laen aja

Anonymous said...

intan bagus kok,,,
apalagi kemaren ini sempet ada tambahan pemaen anak kecilnya hehe...

Anonymous said...

cerita ini bagus pada awalnya.....tapi,setelah ello meninggal,sudah nngak bagus...karena,intan itu hanya cocok sama ello aja...ello cute bangat!!!luv ello!!apapun,cerita ini bagus bangat!!from your fan,dari malaysia..-alya-

Anonymous said...

tengah hangat di astro prima malaysia walaupun buka di prime rime

Anonymous said...

tengah hangat di astro prima malaysia walaupun bukan di prime time

Anonymous said...

Hai ,saya dari Malaysia ,saya minat dan sekarang ini menjadi favorite dan ikut-ikutan saya setiap malam...kawan2 dari Indonesia boleh tolong tak , di sana ada jual VCD nya sinetron INTAN dan Sinetron CAHAYA. Kalau ada saya mau kirim belikan. tak tahan deh nunggu sampai tamat...nonie M'sia

Anonymous said...

yup kami di msia ni sume dh gile dgn citer Intan.. sy yg x ske sgt tgk citer indonesia pun bile tertengok citer Intan, terus hooked up.. tp bulan puasa dh nk dekat, citer intan lak pukul 11pm!!!! x de ke jual vcd citer Intan kat Indon??? rugi seh.. mesti ramai org nk beli.. mane larat nk tunggu smpi 250 episode bru nk tamat! skang ni kat msia baru episode 58 O_____O citer Intan ni lain dr citer2 indon yg lain.. tu yg best <3

Anonymous said...

anda patut bangga. karya indonesia seperti sinetrom intan itu hot bangat di Malaysia sekarang. Saya tidak pernah minat sama cerita indonesia. paling tidak filem ada apa dengan cinta. itu terakhir. Suka sangat sama Dude Herlina dan Nay. Salam dari Malyasia.

Anonymous said...

hyee...aku dr msia.pd aku intan adalah sinetron indonesia yg paling ngetop yg prnah aku tonton.setiap mlm aku dan anak ku pasti menanti dgn setia untuk menonton intan.sampi kan ank ku yang kecil udah pandai menyanyikan soundtrack intan..dan yg penting aku smpi buat ringtone lagu letto tue.sedap banget biler dgr..yang pasto aku tak sbr menanti episod akhirnye dan aku akn sedey krna mlm aku tanpa intan..ada x jual cd nyer.akan ku beli walau berapa harganyer..demi INTAN!!dadaaaa

Anonymous said...

aku pingin deh punyer teman dari indonesia...boleh di ajak bicara soal sinetron2 di sana...

andraputri said...

Sinetron Intan mmg bagus bangat.
aku pada awalnya enggak suka nonton..kini tambah suka.

Lucu bangat sih.Enggak sabar nunggu episod akhir..

Anonymous said...

nonie said,

Di M'sia sekarang intan eps nya udah 172...aku hrus nungguin lagi lebih kurang 90 eps...ya ngak ? katanya 263 eps....lemas deh...aku gak saber...norul...betul gak itu dude dan nay digosipkan mau nikah ini tahun 2009//

LindaF said...

apa episode akhir intan?
kalau di malaysia itu..episode nya baru aja 180..

Anonymous said...

Hi..saya dari Malaysia. Sejak nonton INTAN last 2 weeks suka bangat deh sama Dude Harlino. Kusangka sampai episode 264. Which means esok malam the last one.
Cari VCD Intan di sini, belum ketemu lagi..

Anonymous said...

Aq cka bnget ma snetron intan coz aq ngefans sma ello nya yg gnteng n manis bangattt knapa ci ello mncul mncul cman episode 6 brapa kek episode 100 kek bru mninggal yahh pak sutradara machhh ,,,, glenn love u

Disclaimer : Semua tulisan di blog ini adalah pendapat pribadi dan tidak mengatasnamakan siapa pun dan institusi mana pun

Designed by Posicionamiento Web