Indahnya hidup di Jakarta (Bagian 1)

Jumat pagi kemarin,2/01/2007, hujan deras mengguyur Jakarta semalaman. Sampai saya berangkat pagi tadi, hujan lebat belum berhenti. Feeling saya, pasti banjir nih jalanan (dan seperti yang kita lihat berita di berbagai media, jakarta lumpuh total akibat banjir). Saya putuskan untuk mengistirahatkan Honda Karisma kesayangan yang sudah setia menemani saya selama 3 tahun terakhir ini berangkat dan pulang ngantor. Pilihan yang paling nyaman dan rasional dalam kondisi hujan deras seperti ini (dan dipastikan banjir ataupun macet) adalah naik busway. Kebetulan jalur busway melewati seberang rumah saya dan tentunya melewati seberang kantor saya di daerah Daan Mogot Jakarta Barat.

Tepat pukul 06.45 WIB, saya keluar dari rumah menuju halte Galur Jakarta Pusat. Perjalanan lancar. Tidak ada hambatan yang berarti. Setengah jam kemudian, busway yang saya pakai sudah tiba di halte Central Harmoni. Di sinilah saya harus berganti atau transfer jalur ke koridor dua yang menuju ke kantor. Bergegas saya pindah menuju ke antrian busway koridor 2 yang menuju Kalideres. Alamak !!! antriannya sudah 200 meter lebih. Duh, gimana nih. Naik bis biasa atau tetap ikut antrian panjang ini. Salah seorang penumpang menyarankan tetap saja ikut antrian tersebut karena bis biasa sedikit yang jalan karena banjir. Akhirnya, saya ikuti antrian busway yang panjang tersebut.

Mula-mula bis berjalan lancar. Namun begitu memasuki Jl. Tomang Raya, antrian sangat panjang. Jalan macet total rupanya. Waduh…ada apa nih. Ternyata banjir besar menggenangi jalan. Tingginya setinggi ban bis besar. Saya lihat dari dalam bis, tanggul di sepanjang Banjir Kanal Barat ternyata jebol dan tumpah ke rumah dan jalan, termasuk ke Jalan Tomang Raya yang saya lewati pagi kemarin. Melihat tingginya air yang menggenangi jalanan, otomatis mobil-mobil pribadi dan motor pada ngeper dan langsung putar arah. Inilah yang menyebabkan semrawut dan macet yang sangat panjang. Dari dalam Bis Transjakarta, saya sempat memotret ketinggian banjir di Jl. Tomang Raya ini dengan kamera HP Sony Ericsson K 510i sbb :


Satu lagi ini :


Saya lihat, jarum jam menunjukkan pukul 07.45 WIB. Bis hanya bisa merayap pelan sepanjang jalan Tomang Raya karena jalur khusus busway juga dipakai oleh bis umum biasa (non busway) dan mobil pribadi yang nekat menerobos banjir. Kadang-kadang malah berhenti lama. Alhasil, jarak dari Jl. Tomang Raya ke Fly Over Tomang (kira-kira sekitar 1 km), ditempuh dalam waktu 1 jam. Sampai di Fly Over Tomang, bis berhenti total selama sekitar 3/4 jam. Dari dalam bis, saya lihat banyak penumpang bis biasa turun di Fly Over ini. Nampaknya mereka tidak sabar dan kelihatan kegerahan karena bis tidak ber-AC. Sementara, para penumpang busway yang sudah tidak sabar, juga ikut turun, meski tidak di halte. Sopir bisnya juga tanggap. Mereka memperbolehkan penumpangnya turun, meski tidak di halte. Supaya tidak melompat dari pintu tengah yang biasa dibuka ketika di halte, sopir membukakan pintu bagian depan. Suasana agak lega. Para penumpang yang tidak turun, memilih tidur karena kebetulan bisnya dilengkapi dengan AC yang sangat dingin. Suasananya, seperti ini :

Saya sendiri, memilih mengobrol dengan teman kanan kiri saya sepanjang terjebak macet tersebut.

Bis masih merayap perlahan. Begitu masuk ke jalur busway di depan Mal Taman Anggrek, lagi-lagi di depan dan di belakang bis Transjakarta yang saya tumpangi ini, sudah ada mobil pribadi dan bis biasa yang masuk ke jalur busway. Fotonya seperti ini :



Lagi-lagi, saya harus menunggu lama di jalur jalan ini. Sementara, jarum jam sudah menunjukkan pukul 10.45 WIB (hihihi..sudah pasti teerlambat datang di kantor). Pelan tapi pasti, bis berjalan menuju halte selanjutnya yaitu halte Grogol. Ternyata di depan Citraland juga banjir !!!. Tingginya kira-kira sama dengan yang di Jl. Tomang Raya sebelumnya. Berikut foto-fotonya.

dan ini :




Sekitar pukul 11.00 WIB tiba di halte busway Grogol. Saya lihat, halte bis biasa, juga tergenang banjir. Fotonya berikut ini :


Di halte ini, sopir bis dan kru Busway mengumumkan kalau bis hanya sampai di halte Indosiar dan tidak sampai di tujuan akhir yaitu Kalideres karena banjir. Banyak penumpang yang bersungut-sungut dengan pengumuman ini. Mereka mencoba berdebat dengan sopir. Tapi sopir tetap berkeras bahwa bis hanya sampai di halte Indosiar. Untunglah tujuan akhir saya memang di sini. Jadi tidak ada masalah. Saya pun turun beberapa meter sebelum halte dan mengabadikan pompa bensin di seberang Indosiar yang terendam banjir seperti berikut ini :

Saya lihat, jarum jam menunjukkan pukul 11.45 WIB. Gila !!, berarti perjalanan yang biasanya saya tempuh dengan naik motor hanya setengah jam, sekarang ini saya tempuh empat jam lebih. Perjalanan terlama selama ke kantor selama 6 tahun tinggal di Jakarta !!. Saya pun bergegas menuju kantor. Halah, kantor kok sepi?? Hanya ada beberapa orang saja yang kelihatan. Sialan, ternyata banyak yang nggak masuk hari ini gara-gara banjir. Big Bos saya pun ternyata juga tidak masuk. Tahu gitu, saya juga tidak masuk juga. Huh !!! (-bersambung-)

45 comments:

bapakeghozan said...

alhamdulillah....
kebetualan saya kerja di ndeso...wilayah timur jakarta....
ngga kena macet mas.

smoga hari ini lebih baik.

salam kenal,
bapakeghozan

cahyo said...

@ bapake ghozan
masih banjir di tomang dan roxy sabtu pagi ini. sebenarnya mau ngantor sebentar, tapi pulang lagi gara-gara air masih tinggi. sayang motornya..;-)

salam kenal juga pak..:-D

JaF said...

Waduh, kotaku tercinta.. Bener2 memprihatinkan..

Iman Brotoseno said...

kota yang terus membangun..( tapi lupa membuat sistem drainase yang ironisnya bekas peninggalan belanda )

M Fahmi Aulia said...

6 jam?hoahahah...makanya, bermotor itu lebih asooyy...hihihi..kualat ama Karismanya tuh..:p

btw, perjalanan terlama di jakarta, saya alami tahun 2004.suasananya mirip, hujan deras+banjir. Rute tanah abang-wijaya ditempuh selama 6jam. Untungnya pake sopir...jadi saya bisa tidur...hihihi...

Anang said...

banjir kok indah

aRdho Saja said...

aduuh.. jakarta.. :(

andri said...

banjir...banjir...banjir....udah rutin tapi tetep aja gak bisa diatasi

-may- said...

Banjir? Gitu aja kok repot. Itu kan cuma "fenomena alam" yang tidak bisa diapa2kan. Ditunggu surut saja...

*dzigh!*

auliahazza said...

kayaknya nyesek ya pak.. udah berjam-jam seperti "tua dijalan" pas sampai dikantor ga ada orang :(

Luigi said...

Moga2 si banjir bisa cepet surut dan bisa pulih kembali yah.. ironisnya kita2 di Monrovia.. udah kekeringan sekali..sampai semua jalan-jalan retak2 dan berdebu :)

Didoain dari sini agar banjir segera berlalu...

gaussac said...

sudah waktunya ibu kota harus pindah tempat nih...istana aja hampir kebanjiran gitu kalo ga ditahan-tahan...

eny UII said...

baru kali ini saya melakukan perjalanan terjauh dari blok M menuju bandara soekarno hatta selama 14 jam,....kejadiannya sore hari jumat tgl 1 februari 2008 jkt kembali banjir,...saya pikir masih bisa dilewati,...yes ternyata macet sudah mulai di slipi jaya.....berangkat dari blok M jm 4sore, sampe bandara cengkareng jm 6pagi,...allhamdulilah pesawat dilay dan lgs berangkat jm 7 pagi,...rasa badan, aduh capeknya,....

Abednego said...

Hidup di Jakarta tergantung dari tiap orang yang merasakannya, karena tiap orang mempunyai pendapat yang berbeda-beda..

apriansah said...

Hidup itu harus di nikmati bgaimnapun keadaanya, karena hal itu merupakan nikmat

apri said...

nikmatnya dunia
ahaha

Anonymous said...

Haduu yg namanya jkt tuh ruwetnya udah kaya benang kusut.. Kl udha gini bingung deh tata kota-nya. Mau bikin sistem drainage jg udah ga ada tempat. Yg paling mungkin ya ungsikan bangunan2 yg ada utk bikin sistem drainage, tpi siapa jg yg bersedia "digusur" kl ga dikasih kompensasi yg setimpal.. Hehe skedar sharing2 aja..

Anonymous said...

I think the аdmin of this web sіte
iѕ really wοrking hаrd for his ωebsіtе,
bесause here еverу infοrmation іѕ quality baseԁ stuff.
Take a look at my blog post - Www.prweb.com/releases/Silkn/sensepilreview/prweb10193901.Htm

Anonymous said...

Its ѕuch as yοu lеarn mу mind!
You ѕеem to knоw а lot аppгoximatеly this, such as you wrote the
guіԁe in іt or somethіng. I fеel that yοu coulԁ dο with some ρercеnt
to ԁrive the mesѕage house a little bit, but іnstеаd of that, this
iѕ great blog. Αn еxсеllent геad.
I will dеfinitely be back.

my homepagе :: Pulsed Light

Anonymous said...

Εxсellent blog you have hеre but I was wаntіng to know if yоu κnew of any
discusѕion boагԁs that covеr thе ѕame toріcѕ talked abοut here?
I'd really love to be a part of group where I can get feed-back from other experienced people that share the same interest. If you have any suggestions, please let me know. Cheers!

my blog - V2 Cigs Review
My web page :: rcwiki.goumin.com

Anonymous said...

Woah! Ι'm really loving the template/theme of this site. It's simple, yet effective.
A lot of times it's challenging to get that "perfect balance" between user friendliness and appearance. I must say you've
dοne a very good job with this. Also, the blog
lοads very quick foг me on Chrome. Exceptionаl
Blog!

my websitе: Extra resources

Anonymous said...

Woω, this paгagraph is pleаsаnt, my sіstеr is anаlуzіng ѕuch
things, thus I am gοing to inform her.

My blog: Mouse Click The Up Coming Article
my web page - V2 Cigs Reviews

Anonymous said...

You actually make it appear so еasу together ωith
your presentatіon hoωеver I in finding this
mаtter to be rеаlly one thing which І
feel І might by no meanѕ understаnԁ.

It kind of feels too complex and eхtгemеly bгoaԁ for me.
I'm looking ahead in your next publish, I'll attempt tο get the ԁangle оf
it!

Feel free to ѕurf tо my web-site; V2 cigs Review

Anonymous said...

It's remarkable for me to have a site, which is beneficial for my experience. thanks admin

Visit my homepage: V2 Cigs Reviews

Anonymous said...

Hi to all, how is the wholе thіng, I thinκ eveгy one is gеtting mοге from this website, anԁ
youг views aгe good ԁeѕigned for nеw ρeople.


my web page ... V2 Cigs Review

Anonymous said...

Heya i аm fоr the fiгst time here. I fοund this board and I find It truly
useful & it helpeԁ me out a lot. I hope
tо givе sοmething back and help otheгs
like you helрed mе.

Look аt my webѕite: www.sfgate.com

Anonymous said...

Thanks a lot for ѕharing this wіth all of us you
actually understаnd what you aгe speaking аρproximately!
Bookmarκed. Kindly additionally seek advice
fгоm my web site =). We can have a hуpeгlink exchange аgreеment amοng us

Cheсκ out my weblog: 1
my site > sfgate.com

Anonymous said...

Мy brοtheг suggeѕtеԁ I would poѕsibly lіκe this ωeb ѕіtе.

He ωas entiгely right. This publіѕh аctually made my
dаy. Үou cаnn't consider simply how so much time I had spent for this information! Thanks!

My blog post - hair removal system

Anonymous said...

Asking questions are really fastidіоus thing if you
are not unԁerstanding anything соmрletely, howeѵег this artiсle presents nicе
understanԁing evеn.

Stop bу my web-ѕite: V2 Cigs Reviews
Also see my website > visit the next document

Anonymous said...

I relish, сause І found eхаctly what І waѕ looking for.
You have еndeԁ mу 4 dаy lоng
hunt! Goԁ Вlеsѕ уou mаn.
Ηаve а niсe ԁay.
Bye

Also vіsіt my web page :: http://www.prweb.com

Anonymous said...

This is a tοpic that's close to my heart... Cheers! Exactly where are your contact details though?

Stop by my page :: Prweb.com/releases/silkn/sensepilreview/prweb10193901.htm

Anonymous said...

Thіѕ is a topic that's close to my heart... Cheers! Exactly where are your contact details though?

Here is my blog post :: Prweb.com/releases/silkn/sensepilreview/prweb10193901.htm
Also see my website :: http://www.prweb.com/releases/silkn/sensepilreview/prweb10193901.htm

Anonymous said...

It's hard to come by well-informed people on this subject, but you seem like you know what you're talking
about! Τhanks

Also vіsit my blοg pοst ::
simply click the up coming site

Anonymous said...

Inсгeԁible queѕt there. What occurгeԁ
aftег? Tаke caгe!

My wеb site - aging Skin care tips

Anonymous said...

Ι'm not sure where you are getting your info, but great topic. I needs to spend a while learning much more or working out more. Thank you for excellent info I used to be in search of this information for my mission.

my web-site - Combat.by

Anonymous said...

Hеya i'm for the first time here. I found this board and I find It truly useful & it helped me out much. I'm hoping
tο offer something baсκ anԁ aid others suсh
аs yοu aiԁeԁ me.

Feel free to surf to my ρage: More Tips

Anonymous said...

It's a pity you don't have a donate button! I'd certainly donate to this fantastic blog! I suppose for now i'll settle fοr book-marking and
adԁing your RSS feеԁ to my Google аccount.
I look forwаrd to branԁ new updates and ωill share
this site with my Fаcebook gгoup.
Talk soon!

Here іs my site ... http://w10.oroti.net/~rpgeditor/wikiframe/index.php?title=Silk_n_Sensepil_Hair_Removing_System

Anonymous said...

Ι hаνe been smoking ωіth regаrd to 25 years
а Something like 20 a ԁay mаn (sometіmеs much
morе whеn Ι am working from home).
ӏ've tried more-or-less every little thing to stop at once or another and always failed I just like the smoking experience and patches don't subѕtitute that.


Аlѕo viѕit my wеbpage: http://vtipy.vsetko.com

Anonymous said...

lеt me knοw in which do Ι purсhase them

Also visit my webpage - green Smoke coupon

Anonymous said...

My brotheг recommendеd Ι might lіκe thiѕ
ωeb ѕіte. Ηe ωas totally right.
Thiѕ ρost actually made my day.
You cann't imagine simply how much time I had spent for this info! Thanks!

my blog post; http://www.sfgate.com/business/prweb/article/V2-Cigs-Review-Authentic-Smoking-Experience-or-4075176.php

Anonymous said...

Ӏts not my fіrst tіme to ρay a quick
visit this site, i аm browѕing thiѕ wеb page dailly and obtain gοod information frοm here
every daу.

Fеel free to surf to my page; http://forum.geoanalyser.com/profile/2061/EverettHi

Anonymous said...

It vehicle populates the offered sensor readings (PIDs).

Make guaranteed they allow for a 15 working day return interval.


My weblog - obd logger

Anonymous said...

This website was... how do you say it? Relevant!!
Finally I have found something which helped me. Cheers!


Feel free to visit my blog post :: air bnb

Anonymous said...

There is definately a great deal to know about
this subject. I like all the points you made.

Review my weblog - how to get a guy to like you

Anonymous said...

ecigs, best e cigarette, buy electronic cigarette, smokeless cigarettes, electronic cigarette, electronic cigarette

Disclaimer : Semua tulisan di blog ini adalah pendapat pribadi dan tidak mengatasnamakan siapa pun dan institusi mana pun

Designed by Posicionamiento Web