GIMPShop : Aplikasi FOSS (Add-on) bagi yang terlanjur akrab dengan Adobe Photoshop

Seperti yang sudah saya ceritakan di posting sebelumnya, kantor di tempat saya bekerja sekarang sudah dilarang menggunakan software bajakan. Pilihannya, karyawan seperti saya harus menggunakan software yang legal atau menggunakan FOSS (Free & Open Source Software) jika akan menggunakan komputer untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Pada awalnya, saya menggunakan GIMP sebagai pengganti Adobe Photoshop. Namun jujur, bagi saya yang terlanjur akrab dengan Photoshop, agak susah (malas??) untuk bermigrasi ke aplikasi GIMP sebelumnya. Menu-menunya agak lain dengan Photoshop. Setelah googling sana-sini, ternyata ada GIMPShop, software hack yang berbasis GIMP sebagai pengolah gambar pengganti Photoshop. Meski tidak 100% persis sama, namun GIMPShop ini sedikit membantu waktu belajar saya daripada menggunakan GIMP murni. (Thanks to GIMPShop !!). Screenshoot-nya program GIMPShop dan perbandingannya dengan Adobe Photoshop adalah sebagai berikut (diambil dari web Plastic Bugs. Perbandingan lengkapnya, silakan klik tautan tersebut) :

Menu Image--> Adjustment di Photoshop

Menu Image --> Adjustment di GIMPShop

Buruan deh, download di sini (Tersedia GIMPShop for Windows,Linux & Mac)


16 comments:

adhisimon said...

wah makin mantap nih dengan FOSS, kayaknya bentar lagi mas cahyo bisa saya dorong tuk migrasi total ke linux nih ;-)

Anonymous said...

Akhirnya, dari kemaren pake GIMP puyeng, gak bisa2 terus, susyah kali.

Semoga GIMPShop bisa menjadi penawarnya ... :-)

btw, lustrum Teladan mo pulang gak mas? 50 tahun loh ... ;-)

Anonymous said...

@ adhisimon
wawawa...baru keliatan mas adhi. hayuh..diapdet blognya...;-)

linux? pengen coba ubuntu atau zencafe. yang lengkap cari dimana yah? dulu pernah dapat tapi cuma 1 CD, males download drivernya atu2...;-)

@ andri
hihihi...punya kawan puyeng..;-)
ttg lustrum, wah di jakarta & dah punya advaya (advayafathin.blogspot.com), jadi mikir mas kalo mo pulkam. cerita ya di blogny kalau ikut lustrum..;-)

Anonymous said...

Sebenernya ini soal adaptasi aja, saya pernah nyoba pake GIMP juga. Tapi nyerah karena adaptasi saya kurang bagus (dan dasarnya ga niat :D).

Anonymous said...

Coba install di Linuxnya malah lebih susah daripada di windows.

Saya coba gagal terus. putus asa dah....

Brahmasta said...

Kalo buat yang belum jago dua-duanya gimana? Ada tempat buat belajar GIMP ga? Hehe..

Anonymous said...

weleh matur suwun informasinya, nanti aku coba ah...

jujur aja pake software bajakan rasanya kurang tentram juga mas...

Anonymous said...

Aku udah download GIMPShop ini dan... komputerkuh jadi hang hing heng gini? Argggghh.. tanggung jawab....

*kelihatannya harus upgrade RAM nih*

Anonymous said...

mo dicoba dulu mas...mudah2an enak alias sreg...

Anonymous said...

saya make yang portable,
awalnya bingung, biarpun dibialng mirip, tetep butuh penyesuaian (yang lama buat saya)

Anonymous said...

Oi, achei teu blog pelo google tá bem interessante gostei desse post. Quando der dá uma passada pelo meu blog, é sobre camisetas personalizadas, mostra passo a passo como criar uma camiseta personalizada bem maneira. Até mais.

Anonymous said...

wah ini informasi bagus. hihi..
kalo repository ubuntu, bisa beli di banyak tempat mas.. ada tuh http://wiki.ubuntu-id.org/DistributorDvdReposUbuntu

hmm.. gimpshop ya.. coba ah..

oh iya.. aku selalu kesusahan comment di sini, entah kenapa, mungkin koneksiku yang ancur

Anonymous said...

wah.. apa ga mencak2 tuh si Adobe programnya di tiru gt ya...

Anonymous said...

ayo rame rame kita beralih ke Free source

Anonymous said...

Saya gak nemu RPMnya nih. musti yg agak ribed pake tarball :(

Anonymous said...

boy cumshot galleries Well of course tin ... Thank you very much! I took a too-handy. Yes, the news went on inetu and distributed by starshnoy force You read this and think .... A salary of between 5% per day Thank you very much! I took a too-handy. I can not understand what was happening, but my current 2 images loaded. (((A vasche liked! You read this and think .... Thank you! Article interesting.

Disclaimer : Semua tulisan di blog ini adalah pendapat pribadi dan tidak mengatasnamakan siapa pun dan institusi mana pun

Designed by Posicionamiento Web