Back-up tulisan di Blogger.com(Blogspot) ke Wordpress.com

Bagi anda pengguna Blogger.com, bagaimana tiba-tiba jika akun anda di blog gratisan tersebut tiba-tiba dihilangkan serta merta oleh pengelola karena suatu hal misalnya melanggar Term of Service (TOS)? Bisa jadi lho. Who knows? Karena kemalasan (ketidaktahuan??) membaca TOS ini bisa menyebabkan arsip tulisan anda berbulan-bulan bisa lenyap begitu saja karena kita melanggar aturan main yang telah ditetapkan oleh pengelola blogger. Jika sudah demikian, pasti omelan dan umpatan yang hanya bisa kita perbuat jika usaha untuk mendapatkan kembali akun tersebut ditolak mentah-mnetah oleh pengelola. Jika memang demikian, anda tinggal pasrah merenungi nasib.


Sebelum kejadian buruk tersebut menimpa anda, sedialah payung sebelum hujan. Langkah pertama tentunya pahami semua ketentuan layanan (TOS) yang sudah digariskan oleh Blogger.com. Janganlah melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola jika anda tidak mau, akun anda disuspend. Sepanjang anda tunduk pada aturan yang telah ditetapkan oleh mereka, insya allah akun anda dijamin akan baik-baik saja.


Langkah berikutnya adalah mem-backup arsip tulisan anda di layanan blog gratisan lainnya semisal wordpress. Jadi, seandainya tiba-tiba akun anda di blogspot disuspend oleh pengelola dan anda minta banding untuk mendapatkan akun tersebut ditolak mentah-mentah oleh pengelola, semua arsip tulisan yang sudah anda buat berbulan-bulan tidak ikut lenyap. Anda masih memiliki cadangannya di wordpress.com. Berikut ini langkah2nya :

  1. Registrasi / buat akun di wordpress.com
  2. Login ke wordpress.com masuk ke menu MANAGE - IMPORT. Pilih BLOGGER.
  3. Tunggu sesaat akan muncul tampilan ini :
  4. Klik tombol authorize, selanjutnya klik tombol importing, tunggu sejenak..:
  5. Masukkan password di blogger.com untuk verifikasi :
  6. Tunggu sejenak dan jika sudah selesai akan muncul tampilan ini. Klik tombol set author.
  7. Klik tombol view site untuk melihat hasilnya.
Blog anak saya, Advaya sudah saya buatkan backup atau mirror-nya dengan cara di atas. (sekalian jaga-jaga jika suatu saat blogspot sampai tutup, niat saya mewariskan blog khusus ke anak saya tetap berjalan sesuai rencana. Sekalian menjawab komentar dari mas Acha, bagaimana jika seandainya blogger bangkrut. Hehehehe...) Screenshot-nya seperti ini :




Saran ini hanya sekedar pilihan atau antisipasi saja. Jika anda merasa aman dengan arsip anda di blogspot.com tidak akan hilang, langkah backup ini tidak terlalu disarankan. Jadi, silakan memilih.... ;-)

13 comments:

Indra said...

Udah pindahan aja ke wordpress, Pak. :D. di blogger kan tidak ada statistiknya.
Kalo backup disimpan offline di komputer aja.
Saya tunggu di WP.

aroengbinang said...

saran yang sangat bagus bung; selama ini saya melakukan back-up hanya dengan meng-copy artikel ke hd, namun memang terasakan sangat manual dan tergantung kedisiplinan diri. dengan cara ini tentunya akan lebih baik lagi ya.

pernah sih membaca ada blog yg dibajak, dan semua artikel-nya lenyap begitu saja. pasti nyesek.

btw, tuker link yuk? salam.

Fiz said...

Mendadak feeling saya kok jadi gak enak ya...Btw salam kenal semua!

Luthfi said...

great!!!

Naif Al'as said...

thx yah info nya, emang kebetulan punya account baru bikin di wp kemarenan. tp belon dipakai. mending import aja dari account blogger, jadi tinggal ngelanjutin di wp :D

ibunyaima said...

Wow! Usul yang berguna! Thanks ya Papa Advaya :)

BTW, gimana sih bikin cascade blog seperti itu di blogspot (ituuu yang main, my son's blog, my wife's blog)? Harus blog2 terpisah ya? Nggak bisa berdasarkan label aja?

snydez said...

kalo orang yang ngebet SEO, mungkin mikir mikir untuk ngebackup seperti ini.
takutnya nanti menjadi Suplemental Result di google, yang berakibat salah satu (atau salah dua nya) nggak ke list di google ;)

cahyo said...

@ indra
hehehe..saya kok masih lebih nyaman di blogspot ya mas indra

@ aroeangbinang
ok, saya link mas

@ fiz
kenapa ya ?

@ ibunya ima
wah, kalau itu bawaan templatenya mbak. jujur, saya tidak terlalu menguasai css atau xhtml. ada ya bisa bantu?

@ snydez
hehehe...gitu ya mas. IMHO,tapi kayaknya bisa diakali dengan mengeset di Options--> Privacy--> I would like to block search engines, but allow normal visitor supaya tidak disedot oleh Om Gugel & search engine lainnya. Just my opinion yach...;-)

Iman Brotoseno said...

kalau account di wordpress yang disuspend ? he he,,saya masih Pede di blogspot sih..salam

Fiz said...

Ya terang aja mas, coz sudah 3 bulan ini navbar blogger di blog sy 'tak kasat mata' jadi kawatir kalo semua hasil jerih payah sy hangus. Tp skrang sy sudah sadar kok...

DenaDena said...

salam kenal mas. makasih infonya, tapi aku kok ngga bisa import ya?
setelah aku klik autorized itu aku lgsg ke no 5 ngga mampir ke no 4. gimana mas? makasih

Anonymous said...

thanks pak ... sangat membantu nih ... mo coba juga

idang said...

thanks pak ... sangat membantu nih ... mo coba juga

Disclaimer : Semua tulisan di blog ini adalah pendapat pribadi dan tidak mengatasnamakan siapa pun dan institusi mana pun

Designed by Posicionamiento Web